Dureng, Wahyuningsih (2022) PENGARUH METODE CERAMAH PLUS TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWI KELAS VII MTs ARAFAH BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Rangkuman Skripsi.pdf Download (795kB) |
Abstract
Metode ceramah plus tak lepas dari kata Metode ceramah, metode ceramah yaitu metode pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan pelajaran terkait dengan tujuan pembelajaran. Metode ceramah plus yaitu hasil kombinasi antara metode ceramah dengan metode lain seperti metode ceramah plus tanya jawab dan tugas. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Ceramah Plus Terhadap Kemampuan Menyimak Siswi Kelas VII MTs Arafah Bitung. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantatif. Dan melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas yaitu metode ceramah plus dan variabel terikat kemampuan menyimak. Populasi dalam penelitian ini sebanyak dua kelas dengan jumlah 40 siswi. 20 siswi untuk kelas eksperimen dan 20 siswi untuk kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah hasil tes belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 isian singkat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswi kelas eksperimen adalah 84,05 dan skor rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 77,50. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dimana hasil perhitungan diperoleh 0,033 < 0,05 maka, jika Ho < Ha maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan menyimak siswi kelas VII MTs Arafah Bitung. Kata Kunci : Metode Ceramah, Kemampuan Menyimak, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 02:59 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 02:59 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1327 |
Actions (login required)
View Item |