MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DI SDN 2 TORUAKAT

Anggol, Chelcilya Adisti (2021) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DI SDN 2 TORUAKAT. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
skripsi chelcilya anggol PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nama : Chelcilya Adisti Anggol NIM : 17.2.1.026 Faktultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul Skripsi : Meningkatkan Kreativitas Belajar siswa pada Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur di SDN 2 TORUAKAT Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui upaya guru untuk ”Meningkatkan Kreatvitas Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur di SD Negeri 2 Toruakat”. Adapun pokok permasalahan bagaimana meningkatkan kraetivitas siswa menggunakan model pembelajaran kepala bernomor struktur di SD Negeri 2 Toruakat dan bagaimana dampak dari menggunakan model pembelajaran kepala bernomor struktur dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di SD Negeri 2 Toruakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa dan untuk mengetahui dampak dari menggunakan model pembelajaran kepala bernomor struktur terhadap kreativitas belajar siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara yaitu dokumentasi, observasi, wawancara. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data primer dan sekunder di lapangan. Hasil penelitian: pertama penggunaan model pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat penting dalam hal mengajar, khususnya untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran bagi siswa-siswa agar mereka lebih semangat, aktif dan tidak mudah bosan. Kedua, penggunaan model pembelajaran kepala bernomor struktur dalam proses pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat efektif dalam meningkatkan aktifitas siswa di dalam kelas. Jadi penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan aktifitas dan kreativitas siswa dan membuat hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Kata kunci : kreativitas belajar, kepala bernomor struktur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:56
Last Modified: 24 Nov 2023 01:56
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1314

Actions (login required)

View Item View Item