PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN MANADO

Ud Ulana Setiawan, Ud Ulana Setiawan (2020) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN MANADO. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
Ud Ulana Setiawan.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi merupakan suatu hal yang penting sekaligus menjadi tantangan bagi sebuah program studi untuk mampu menunjang media pembelajaran yang sudah ada untuk digantikan dengan media pembelajaran yang lebih menarik. Hal ini dicerminkan dalam visi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang menyatakan bahwa “Menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan Bahasa Arab di Kawasan Timur Indonesia yang berbasis masyarakat multikultural Tahun 2021”. Untuk mengimplementasikan hal tersebut, salah satu sarana yang dapat dikembangkan adalah dengan membangun sistem informasi berbasis teknologi yaitu mengembangkan e-learning berbasis web. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner, lembar kelayakan produk untuk ahli media dan ahli materi, serta lembar penilaian untuk mahasiswa sebagai peserta didik. Teknik pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Hasil dari pengukuran menggunakan skala likert, kemudian mencari nilai rata-rata dari sejumlah subjek sampel uji coba. Hasil penelitian menyatakan bahwa uji kelayakan dari produk Teknologi Tepat guna Website E-learning Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Manado mendapatkan hasil dengaan nilai dari ahli Teknologi Pendidikan pada aspek tampilan adalah 66,6% yang artinya layak, pada aspek Isi adalah 77,1% yang berarti layak, dan nilai dari ahli Desain dan Media Informasi dari aspek penyajian mendapatkan nilai 77,5 % yang berarti layak, aspek tampilan adalah 72,5% yang berarti layak. Nilai dari para responden yang menggunakan teknologi media pembelajaran e-learning berbasis website mendapatkan nilai dari aspek media 93,3% yang berarti sangat layak dan aspek penyajian mendapatkan 94,8% yang berarti sangat layak. Kata kunci: Website, E-learning, Pendidikan bahasa Arab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 20 Mar 2021 23:59
Last Modified: 20 Mar 2021 23:59
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item