UPAYAH MENINGKTKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 115 MANADO

Salasa, Resmawati (2020) UPAYAH MENINGKTKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 115 MANADO. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 115 MAN.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Resmawati Salasa Nim : 15.2.1.003 Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’yah Judul Skripsi : Upaya Meningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Contextual Teaching Learning Pada Siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 115 Manado Skripsi ini merupakan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada mata pelajaran IPA semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di kelas IV SD Negeri 115 Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA setelah menggunakan metodel Contextual Teaching Learning (CTL). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas IV SD Negeri 115 Manando yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 7 peserta didik laki- laki dan 14 peserta didik perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara berkesinambungan melalui 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: tahap pertama perencanaan, tahap kedua tindakan, tahap ketiga observasi/pengamatan, dan yang keempat tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan test pengumpulan data dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui capaian hasil belajar peserta didik digunakan lembar evaluasi (test) yang terdiri dari pre test dan test siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode CTL pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 115 Manado dari nilai rata-rata pra tindakan sebesar 44.14 menjadi 61.42 pada siklus 1 dan 84,76 pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 42.85% meningkat menjadi 90.47% pada siklus II. Pada siklus II, hasil belajar rata-rata telah mencapai KKM dengan persentase ketuntasan > 80%, sehinggah pelaksanaan PTK dihentikan pada siklus II. Kata Kunci : Contextual Teaching Learning (CTL), IPA, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:22
Last Modified: 23 Nov 2023 06:22
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item