PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PROSES BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 115 MANADO

Abdullah, Sri Wardani (2020) PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PROSES BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 115 MANADO. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
skripsi 2.docx

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Sri Wardani Abdullah Nim : 15.2.1.049 Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’yah (PGMI) Judul Skripsi : Peran Teman Sebaya Dalam Proses Belajar Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) Negeri 115 Manado Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengetahui tentang teman sebaya dalam proses belajar pada peserta didik dan hambatan atau solusi Di Sekolah Dasar Negeri 115 Manado. Teman Sebaya mampu memberikan motivasi sekaligus suasana yang membangun apabila sedang berada didalam kelas. Teman sebaya adalah individu yang memiliki kedudukan, usia, status dan pola pikir yang hampir sama dan mengemukakan bahwa teman sebaya adalah anak dengan usia atau tingkat kedewasaan yang sama. Hambatan tetap pasti ada karena setiap anak memiliki perbedaan karakter yang berbeda-beda. Solusi mengatasi kemampuan peserta didik dalam proses belajar harus mampu meningkatkan kemampuan peserta didik secara keseluruhan sehingga tidak ada peserta didik tertinggal dari peserta didik yang lain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa peran teman sebaya dalam proses sbelajar pada peserta didik di SD Negeri 115 Manado menunjukkan bahwa peran teman sebaya memiliki kedudukan usia, status dan pola pikir yang hampir sama dengan usia atau tingkat kedewasaan yang sama. Berbagai persamaan tersebut berdampak pada pola interaksi yang dilakukan yaitu interaksi secara berkelompok. Persamaan tersebut kemudia memunculkan berbagai kelompok pergaulan teman sebaya, yang akan mempergaruhi perilaku anggotannya sesuai dengan karakteristik kelompok masing-masing.Teman sebaya memiliki sejumlah peran penting dalam perkembangan pribadi dan sosial anak. Salah satu terpenting teman sebaya yaitu memberikan sumber informasi dan perbandingan tentang dunia di luar keluarga. Kata kunci : Peran Teman Sebaya dan Proses Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:14
Last Modified: 23 Nov 2023 06:14
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item View Item