STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY OF ENGLISH FOREIGN LANGUAGE (EFL) CLASS AT THE ELEVENTH GRADE OF MAN 1 BITUNG

Kowaas, Yulia Maulida Putri (2020) STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY OF ENGLISH FOREIGN LANGUAGE (EFL) CLASS AT THE ELEVENTH GRADE OF MAN 1 BITUNG. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
Thesis Yulia Maulida Putri Kowaas.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Yulia Maulida Putri Kowaas (2020) Kecemasan Siswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris di Kelas EFL pada siswa Kelas Sebelas di MAN 1 Bitung. Sebuah tesis. Departemen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Pelatihan Guru, Institut Agama Islam Negeri Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa dan penyebab dari kecemasan berbicara siswa di kelas EFL. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 29 siswa di MAN 1 Bitung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan Observasi, Kuisioner dan Wawancara untuk mengumpulkan data. Selama implementasi, peneliti menggunakan tiga langkah tindakan. Tindakan pertama adalah mengamati siswa selama kelas bahasa Inggris berlangsung. Tindakan kedua adalah memberi angket kepada siswa dan tindakan terakhir adalah mewawancarai siswa dan guru. Tingkat kecemasan diselidiki melalui kuesioner yang diadaptasi dari Foreign Language Class Anxiety Scale (FLCAS). Hasil dari angket dan wawancara menunjukkan bahwa 3% (satu siswa) berada dalam tingkat kecemasan berbahasa Inggris yang tinggi, 56% (enam belas siswa) berada dalam kecemasan berbahasa Inggris tingkat sedang dan 41% (dua belas siswa) berada dalam tingkat kecemasan berbicara rendah. Ini berarti sebagian besar siswa mengalami kecemasan ketika mereka berbicara bahasa Inggris di kelas. Investigasi penyebab kecemasan berbicara siswa dilakukan dengan menggunakan wawancara yang terdiri dari 10 pertanyaan kepada siswa dan wawancara yang berisi 3 pertanyaan kepada guru Penyebab situasi itu adalah kurangnya pengetahuan bahasa Inggris, kurangnya kosa kata, kurangnya latihan, kurang percaya diri, khawatir membuat kesalahan, khawatir ditertawakan dan takut disebut sombong. Oleh karena itu, penting untuk guru mendorong dan memotivasi siswa dan menggunakan beberapa teknik dan permainan untuk membantu siswa mengurangi kecemasan mereka. Kata kunci: Bicara, Kecemasan siswa, EFL kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:34
Last Modified: 23 Nov 2023 02:34
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item View Item