PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI MIN 1 MANADO

Lauma, Marhaban (2020) PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI MIN 1 MANADO. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
Skripsi Marhaban Lauma PDF Untuk dikirim ke Perpustakaan IAIN Manado.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Marhaban Lauma NIM : 14.2.1.019 Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul : Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran PKn di MIN I Manado Skripsi ini mengkaji tentang penerapan metode diskusi dalam pembelajarn PPKn di MIN I Manado. Penerapan metode diskusi di sini adalah untuk melatih siswa dalam mengeluarkan pendapat/ argument sehingga siswa lebih aktif. Adapun yang di maksud pendapat/argument dalam diskusi yaitu ide-ide yang akan dismpaikan kepada peserta diskusi untuk memecahkan suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn di MIN I Manado, kendala penerapan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn di MIN I Manado dan solusi terhadap kendala metode diskusi dalam pembelajaran PKn di MIN I Manado. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn di MIN 1 Manado yaitu untuk melatih siswa mengeluarkan pendapat atau argumen, dalam penerapan metode diskusi ini terdapat kelamah dan kelebihan dalam menggunakan metode diskusi, adapun kelemahan metode yaitu sering terjadi perbincangan diskusi yang dikuasai 2 atau 3 siswa yang aktif dan metode diskusi ini memerlukan waktu yang panjang. Sedangkan kelebihan metode diskusi yaitu merangsang siswa lebih kreatif dalam memeberikan gagasan atau ide-ide. Adpun Kendala dalam penerapan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn di MIN Manado yaitu kurangnya disiplin siswa dan Kurangnya sarana pembelajaran. Solusi terhadap kendala penerapan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn di MIN 1 Manado yaitu memberikan sangsi atau hukuman kepada siswa yang keluar masuk kelas atau tidak disiplin dalam berdiskusi dan meminta kepada setiap guru untuk mendata saran pembelajaran sehingga bisa membuat perencanaan untuk pengadaan sarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2023 13:37
Last Modified: 22 Nov 2023 13:37
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item