ANALISIS KOMITMEN LOYALITAS NASABAH MELALUI RESPONSIF DAN KEPASTIAN PELAYANAN KARYAWAN DI BANK KAPAL BRI BAHTERA SEVA III HALMAHERA SELATAN

Malik, Nisna (2020) ANALISIS KOMITMEN LOYALITAS NASABAH MELALUI RESPONSIF DAN KEPASTIAN PELAYANAN KARYAWAN DI BANK KAPAL BRI BAHTERA SEVA III HALMAHERA SELATAN. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP NISNA MALIK.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nisna Malik Nim : 15.4.2.010 Judul Skripsi : Analisis Komitmen Loyalitas Nasabah Melalui Responsif dan Kepastian Pelayanan Karyawan di Bank Kapal BRI Bahtera Seva III Halmahera Selatan Skripsi ini dilatar belakangi oleh loyalitas pelanggan yang menjadi faktor penting dalam kelangsungan hidup bisnis. Komitmen loyalitas nasabah sangat dibutuhkan bank dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan. Nasabah yang telah menerima pelayanan terbaik akan memberikan nilai positif atau feedback untuk menjadi nasabah yang tetap dan loyal pada bank tersebut. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui komitmen loyalitas nasabah melalui responsif dan kepastian pelayanan karyawan di Bank Kapal BRI Bahtera Seva III Halmahera Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggambarkan penyajian data dalam bentuk deskriptif atau menggambarkan keadaan yang sesuai dengan yang sebenarnya di lapangan. Adapun proses pengumpulan data peneliti melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan melakukan analisis data melalui reduksi data, display data serta kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responsif yang diberikan karyawan dalam melakukan pelayanan kepada nasabah yaitu dengan memberikan sikap yang baik, seperti memberikan keramahan, senyum, perkataan yang mudah dipahami dan melayani dengan setulus hati. Kepastian yang diberikan karyawan yaitu harus menerima keluhan permasalahan kemudian memberikan solusi, menawarkan produk dan program dan berusaha untuk meyakinkan nasabah dengan bukti-bukti yang ada. Berdasarkan analisis responsif dan kepastian pelayanan karyawan telah mampu memberikan komitmen loyalitas pada nasabah, dilihat dari pelayanan yang diberikan kepada nasabah sudah sesuai dengan standar pelayanan dan juga didukung oleh pernyataan yang positif dari nasabah mengenai pelayanan yang diterima. Sehingga dengan begitu nasabah tidak akan berpindah ke bank lain walaupun adanya penawaran/promosi dari bank lain. Kata Kunci: Komitmen, Responsif, Karyawan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Perilaku
Ekonomi > Ekonomi Perilaku

Ekonomi
Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2023 12:25
Last Modified: 22 Nov 2023 12:25
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item