THE IMPLEMENTATION OF HERRINGBONE TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION

Mutmainnah, Nur (2022) THE IMPLEMENTATION OF HERRINGBONE TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
THESIS NUR MUTMAINNAH (17.2.6.033).pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah teknik Herringbone mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa. (2) Mendeskripsikan sejauh mana penerapan teknik Herringbone dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Peneliti menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai desain penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas XI MIA II MAN 1 Bitung yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa instrumen pengumpulan data, antara lain observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Selama melakukan tes, peneliti menginstruksikan subjek penelitian untuk mengerjakan soal pilihan ganda. Penelitian ini melibatkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.Kemudian untuk siklus I dan II ada empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pencapaian persentase ketuntasan siswa pada pre-test rendah (31,58%). Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan dan hambatan yang dihadapi siswa. Hasil siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa adalah 47,37%. Peneliti melakukan penelitian siklus kedua untuk merevisi masalah pada siklus pertama. Untuk hasil siklus II, menunjukkan bahwa teknik herringbone mampu meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan siswa pada siklus II (84,21%). Kata Kunci: Teknik Herringbone, Pemahaman Membaca

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:40
Last Modified: 22 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item