Salim, Arhanuddin and Satriani, Satriani (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS III DI MIS BAITUL MAKMUR KOTAMONAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
skripsi Ersa Manangin.pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Implementasi Aplikasi Sparkol Videoscribe dalam Meningkatkan Hasil Belajar dalam Akidah Akhlak Kelas III di MIS Baitul Makmur Kotamobagu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran sparkol videoscribe pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas III di MIS Baitul Makmur Kotamobagu. Dengan demikian dalam penelitian ini peneliti membatasi permasalahan yang mencangkup tentang penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe pada mata pelajaran akidah akhlak di MIS Baitul Makmur Kotamobagu. Penelitian ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III semester genap tahun ajaran 2021-2022 yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan di MIS Baitul Makmur penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Dalam hasil pengamatan yang diperoleh kondisi kelas yang diteliti sebelum diberikan suatu tindakan dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi sparkol videoscribe yaitu hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak masih kurang. Hal ini disebabkan karena guru masih terbilang jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran dan masih menggunakan metode ceramah yaitu guru menjelaskan dan siswa hanya sebagai pendengar yang membuat siswa menjadi pasif dan monoton tanpa adanya timbal balik. Pada hasil penelitian pra siklus terlihat siswa yang mencapai kriteria belajar dengan nilai rata-rata 47 dengan jumlah nilai 765 dengan presentasi atau ketuntasan belajar hanya 25%. Maka hasil ini masih pada kategori rendah dan setelah diterapkan media pembelajaran aplikasi sparkol videoscribe dalam mata pelajaran akidah akhlak. Terdapat peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I rata-rata kriteria belajar dengan nilai rata-rata 68, dengan jumlah nilai 1094, dengan presentasi belajar sebesar 50% kemudian presentasi belajar meningkatkan pada siklus II yaitu rata-rata 85.25 dan presentasi belajar sebesar 93.75%. pada siklus I hasil observasi mencapai rata-rata 2.05 dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 2.5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi sparkol vodeoscribe dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Baitul Makmur Kotamobagu. Kata kunci : Aplikasi Videoscribe, Hasil Belajar Siswa, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 07:37 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 07:37 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1040 |
Actions (login required)
View Item |