AN ERROR ANALYSIS ON USING TRANSITION SIGNAL IN ESSAY WRITING AT ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF IAIN MANADO

Bahar, Firdha Juniar (2021) AN ERROR ANALYSIS ON USING TRANSITION SIGNAL IN ESSAY WRITING AT ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF IAIN MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
firdhas thesis last touch.pdf

Download (6MB)

Abstract

Firdha Juniar Bahar (2022) Sebuah Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Transisi dalam Penulisan Esai Pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Manado, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Manado Penelitian ini berfokus untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menggunakan tanda transisi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis kesalahan dalam menggunakan tanda transisi berdasarkan taksonomi Surface Strategy dan untuk mengetahui kesalahan dominan dari tanda transisi. Data diolah dengan proses kualitatif dan dianalisis dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 32 mahasiswa semester V tahun ajaran 2021/2022 Program Studi Tadris Bahasa Inggris di IAIN Manado. Teknik analisis data dievaluasi dengan analisis kesalahan. Ada 3 instrumen dalam pengumpulan data: Observasi, Tes dan Dokumentasi. Untuk mengumpulkan data secara akurat, peneliti melakukan observasi awal untuk mengetahui pemahaman siswa tentang tanda transisi. Kemudian, peneliti memberikan tes menulis esai. Dalam tes menulis esai, siswa menulis cerita pendek tentang ; Liburanku, Keluargaku, Hobiku, Gaya Favoritku, dan Sahabatku dengan menggunakan tanda transisi. Materi tanda transisi yang diuji adalah: tanda transisi waktu, urutan dan penambahan, perbandingan dan kontras tanda transisi, tanda transisi misalnya/ilustrasi, dan tanda transisi sebab akibat. Peneliti menggunakan beberapa jurnal, artikel, kamus bahasa Inggris, dan produk tulisan esai siswa sebagai dokumentasi yang dianalisis untuk mengetahui kesalahan dalam menggunakan tanda transisi. Hasil penelitian ini menunjukkan total 54 kesalahan dalam tanda transisi. Terdapat 35 frekuensi error (64.81%) pada tanda transisi urutan dan penambahan waktu, 8 frekuensi error (14.82%) pada tanda transisi perbandingan dan kontras, 8 frekuensi error (14.82%) pada tanda transisi sebab dan akibat, dan 3 frekuensi error (5.55%) pada tanda transisi contoh dan ilustrasi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tanda transisi urutan waktu dan penambahan merupakan kesalahan yang dominan dengan 35 frekuensi kesalahan (64.81%). Kemudian, kesalahan yang dilakukan oleh 32 siswa adalah 61 kesalahan dengan kesalahan penghilangan 60.65%, kesalahan penambahan 39.35%, dan tidak ada kesalahan informasi dan kesalahan susunan. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Tanda Transisi, Penulisan Esai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 08 Nov 2022 23:39
Last Modified: 08 Nov 2022 23:39
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item