STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MIN 1 BlTUNG

Oktaviani, Fidya Sitti Nur (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MIN 1 BlTUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP FIDYA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Fidya Sitti Nur Oktaviani Nim : 1921050 Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul Skripsi : Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM) Mata Pelajaran IPS Kelas V di MIN 1 Bitung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MIN 1 Bitung. Maksud dari judul penelitian ini adalah penelitian tentang Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MIN 1 Bitung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus, siklus I dua kali pertemuan, dan siklus II dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Bitung yang berjumlah 29 siswa. Hasil analisis data menunujukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar dari siklus 1 ke II pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Index Card Macth. Pada siklus 1 rata- rata penilaian aktivitas guru sebesar 3,57% meningkat 4%, aktivitas siswa dalam pembelajaran sebesar 2,8% meningkat menjadi 4% dan siswa yang mendapatkan ketuntasan sebesar 39,95% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Jadi, materi yang diberikan dalam metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MIN 1 Bitung. Kata kunci: Index Card Match, Hasil Belajar, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:04
Last Modified: 12 Dec 2023 06:04
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1792

Actions (login required)

View Item View Item