PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA PEMBELAJARAN GURU DI MIN 1 MANADO DAN 2 MANADO

DARISE, LEDI ASTARI (2022) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA PEMBELAJARAN GURU DI MIN 1 MANADO DAN 2 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI_ASTARY_REVISI (4).docx

Download (1MB)

Abstract

Tuntutan guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik membutuhkan kemampuan profesional dalam mengelola dan mengembangkan kinerjanya baik dalam proses pembelajaran maupun pengembangan keprofesian. Kegiatan supervisi yang melibatkan guru ini dapat dilaksanakan dan terbukti efektif untuk melihat serta meningkatkan kinerja pembelajaran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh supervisi pengawas madrasa dalam meningkatkan kinerja pembelajaran guru di MIN 1 manado dan MIN 2 manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif di mana sampel penelitian ini berjumblah 51 guru dari total keseluruhan 51 guru, Teknik pengumpulan data utama menggunakan angket yang di sebar ke guru-guru, Teknik wawancara dan study dokumen di lakukan untuk mendukung hasil data angket, narasumber dalam wawancara pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru, hasil yang di temukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara supervise pengawas madrasah dengan kinerja pembelajaran guru di MIN 1 dan MIN 2 Manado. Berdasarkan pengelolaan data hasil perhitungan pengujian statistik, terdapat pengaruh yang cukup antara pengaruh supervise pengawas madrasah terhadap kinerja pembelajaran guru di MIN 1 Manado dan MIN 2 Manado, pada perhitungan koefisien determinasi diketahui pengaruh supervise pengawas madrasah dalam meningkatkan kinerja pembelajaran guru adalah 32,6% sedangkan sisanya 67,4% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, dari hasil perhitungan tersebut maka tedapat pengaruh yang cukup antara pengaruh supervisi pengawas madrasah dengan kinerja pembelajaran guru di MIN 1 Manado dan 2 Manado. Kesimpulan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan melaksanakan kegiatan supervisi kepala sekolah secara efektif, karena semakin intensif dan efektif kegiatan supervisi kepala sekolah, maka akan semakin baik kinerja guru. Kata kunci: Supervise Akademik, Kinerja Pembelajaran Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:57
Last Modified: 24 Nov 2023 02:57
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item