مشكلات تعليم اللغة العربية لدى الطلبة في قسم تعليم الديني الإسلامي في الجامعة الإسلامية الحكومية منادو رسالة علمية

Karim, Mukhlis (2022) مشكلات تعليم اللغة العربية لدى الطلبة في قسم تعليم الديني الإسلامي في الجامعة الإسلامية الحكومية منادو رسالة علمية. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
skripsi mukhlis karim.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan memberikan solusi terkait apa saja problematika dalam pembelajaran Bahasa Arab terhadap mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Negeri Manado. Penelitian ini merupakan penelitian ilmiah lapangan yang mengambil tempat di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado. Maka didalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa jenis cara pengumpulan, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber-sumber data diambil melalui pendapat mahasiswa dan pendapat dosen. Dalam penggalian datanya peneliti menggunakan tiga langkah yaitu: penyajian data, produksi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran Bahasa Arab di Prodi Pendidikan Agama Islam Iain Manado proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang sering digunakan oleh pendidik adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan tutor sebaya. Diakhir pembelajaran pendidik selalu memberikan motivasi dan mengevaluasi hasil belajar baik tugas harian, uts maupun uas. 2) problematika pembelajaran bahasa arab terhadap mahasiswa di Prodi PAI Iain Manado terdiri dari beberapa faktor antara lain faktor peserta didik yang terdiri dari latar belakang pendidikan peserta didik, dan motivasi. Selanjutnya adalah faktor pendidik yang terdiri dari faktor kemampuan pendidik menggunakan bahasa arab dan juga ada faktor metode dan media. 3) upaya-upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan oleh beberapa pihak yaitu peserta didik dan pendidik. Upaya yang dilakukan peserta didik yaitu : meningkatkan motivasi diri dalam belajar Bahasa Arab, membuang anggapan bahwa bahasa arab tidak penting bagi mereka, dan selalu mempraktekkan kosa kata yang telah didapat. Dan upaya yang dilakukan pendidik ialah : membuat suasana kelas yang menyenangkan, memberikan motivasi kepada mahasiswa dan menggunakan media dalam pembelajaran Kata Kunci : Problematika, pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:28
Last Modified: 24 Nov 2023 02:28
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item