PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK WAWANCARA PADA SISWA KELAS V SDAL-KHAIRAAT AIRMADIDI

Tahir, Djamaludin (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK WAWANCARA PADA SISWA KELAS V SDAL-KHAIRAAT AIRMADIDI. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
JAMAL SKRIPSI OK.docx

Download (3MB)

Abstract

Nama : Djamaludin Tahir NIM : 15.2.1.032 Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul : Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Wawancara Pada Siswa Kelas V SD Al-Khairaat Airmadidi Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang sangat membutuhkansuasana belajar yang bisa merangsang cara berpikir siswa melalui pengamatan langsung terhadap materi yang sedang dipelajari. Ketika proses pembelajaran berjalan tidak efektif karena penggunaan media yang kurang tepat maka akan berdampak pada kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Teknik wawancara merupakan salah satu sarana pembelajaran yang mampu meningkatkan minat belajar siswa menjadi lebih baik, tehnik wawancara mampu mengubah siswa untuk lebih bersemangat dan giat lagi belajar dan membangkitkan suasana belajar yang menyenangkan di dalam kelas. Oleh karena itu, penelitian dengan judul peningkatan keterampilan berbicara melalui tehnik wawancara pada siswa kelas V SD Al-khairaat Airmadidi ini dinilai relevan dilakukan.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui teknik wawancara. Manfaat penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Al-khairaat Airmadidi terutama pada aspek kongnitif dan aspek efektif siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang secara langsung melibatkan peneliti dalam suatu permasalahan yang sedang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif untuk menguraikan data – data hasil penelitian. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa teknik wawancara dalam pembelajaran mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap berbicara siswa.Teknik wawancara membuat siswa lebih fokus dan bersemangat untuk mengikuti dan menerima pembelajaran khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih baik. Dengan teknik wawancara, maka siswa dapat pengalaman belajar yang menyenangkan, dan berinovasi sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:28
Last Modified: 22 Nov 2023 07:28
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item