Zees, Djaleha (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS VII SMP N 4 MANADO. Masters thesis, IAIN MANADO.
|
Text
Saya sedang berbagi 'Tesis caver bab 1-3' dengan Anda - Bunda Djale.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Kelas VII SMP N 4 Manado. Judul Tesis ini diangkat berdasarakan latar belakang masalah yang ditemukan di tempat penelitian mengenai kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa. Beberapa siswa kelas VII SMP N 4 Manado masih mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an, bahkan ada yang belum mengenali huruf hijaiyah. Kondisi ini menghambat pencapaian pembelajaran PAI, khususnya materi Al-Qur’an dan Hadis. Dibutuhkan strategi pengajaran yang tepat dari guru PAI untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa. Maka dari itu, penulis merumuskan tiga pertanyaan penelitian yang merupakan rumusan masalah, yaitu: Bagaimana strategi Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al- Qur’an di Kelas VII SMP N 4 Manado dan Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Kelas VII SMP N 4 Manado. Untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian diatas, maka pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, Penulis berusaha menggambarkan fenomena yang terjadi berdasarkan fakta, dengan menggunakan tiga instrument dalam pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun beberapa objek penelitian yaitu, Kepala SMP N 4 Manado, Guru PAI SMP N 4 Manado, orang tua dan 10 Siswa kelas VII SMP N 4 Manado. Dari langkah-langkah yang ditempuh, maka peneliti mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian bahwa: Strategi guru PAI di SMP Negeri 4 Manado menerapkan kombinasi metode talaqqi rotasi kecil, tahsin interaktif progresif, pengelompokan dinamis, mentor Qur’ani sebaya, dan refleksi murojaah kreatif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kelancaran membaca, partisipasi aktif, motivasi belajar, kualitas hafalan, dan perilaku karakter Islami siswa. Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VII SMP N 4 Manado yaitu ketersediaan sarana prasarana, komitmen guru, serta dukungan dari lingkungan sekolah dan orang tua. faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu, variasi kemampuan siswa, serta kurangnya media pembelajaran modern menjadi tantangan yang harus dihadapi dengan strategi yang kreatif dan adaptif. Kata Kunci: Strategi, Baca, Tulis, Al-Qur’an
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 14:34 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 14:34 |
| URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
