Search for collections on IAIN Manado Repository

KOMODIFIKASI AGAMA DAN KEPATUHAN PRINSIP EKONOMI SYARIAH : PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMILIH RUMAH MAKAN DI MANADO

A. Bachmid, Finan (2025) KOMODIFIKASI AGAMA DAN KEPATUHAN PRINSIP EKONOMI SYARIAH : PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMILIH RUMAH MAKAN DI MANADO. Masters thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
BAB I - III (Komodifikasi agama dan Kepatuhan Prinsip ekonomi Syariah - Perilaku Konsumen Muslim dalam Memilih Rumah Makan di Manado - Finan Bachmid.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peran komodifikasi agama dalam pemasaran produk pada rumah makan di Manado, faktor faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dan pengaruh komodifikasi agama terhadap konsumen dalam memilih rumah makan tanpa informasi jelas terkait rumah makan tersebut. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung, serta kuesioner kepada konsumen. Penelitian menunjukkan bahwa Komodifikasi agama berperan strategis dalam pemasaran rumah makan di Manado, terutama dalam menjangkau konsumen muslim melalui simbol dan elemen visual keagamaan. Meskipun efektif menarik perhatian, strategi ini tidak selalu disertai pemenuhan prinsip kehalalan secara substansial; Keputusan konsumen dipengaruhi secara dominan oleh keberadaan sertifikasi halal, nuansa religius yang ditampilkan oleh lingkungan, serta identitas pemilik usaha. Konsumen Muslim menunjukkan kecenderungan lebih mengandalkan representasi visual keislaman dibandingkan verifikasi formal sebagai indikator kehalalan; Dalam kondisi keterbatasan informasi, komodifikasi agama turut membentuk perilaku konsumsi yang lebih mengutamakan citra religius eksternal dibandingkan verifikasi substansial. Fenomena ini mencerminkan terjadinya pergeseran makna kehalalan dari prinsip spiritual ke arah preferensi simbolik yang dikonstruksi oleh mekanisme pasar. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan literasi keagamaan kritis di kalangan konsumen muslim agar lebih selektif, rasional, dan bertanggung jawab dalam mengonsumsi produk halal. pelaku usaha diharapkan tidak hanya menonjolkan simbol, tetapi juga menjunjung integritas, transparansi, dan etika bisnis Islam dalam operasionalnya. Kata Kunci : Komodifikasi Agama, Perilaku Konsumen Muslim, Rumah Makan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:59
Last Modified: 22 Oct 2025 02:59
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2444

Actions (login required)

View Item View Item