Al-habsyi, Azin Syarifah Yuliana (2025) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAN 1 BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
Skirpsi Paling baru skaliii - Azin Alhabsyi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis menggunakan model kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas XI-1 Man 1 Bitung Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 14 orang dan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai observer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi siswa dan guru serta tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa pada siklus I dan II. Hasil penelitian dengan menggunakan penerapan model kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada siklus I diperoleh peserta yang tuntas sebanyak 50% pada siklus II hasil belajar siswa tuntas sebanyak 100% ketuntasan hasil belajar meningkat sebesar 50% dan telah memenuhi standar KKTP 75. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar 50% maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI Man 1 Bitung. Kata Kunci : Hasil Belajar, Think Pair Share, Pembelajaran Al-Qur’an Hadis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Oct 2025 05:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2025 05:11 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |