Search for collections on IAIN Manado Repository

PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B di TK NEGERI BERINGIN DESA TANGATON BOLAANG MONGONDOW TIMUR

Bumulo, Melisa (2025) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B di TK NEGERI BERINGIN DESA TANGATON BOLAANG MONGONDOW TIMUR. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
skripsi melisa - MELISA BUMULO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk “Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Cerita Bergambar” pada Kelompok B di TK Negeri Beringin Desa Tangaton Bolaang Mongondow Timur. Kreativitas anak dinilai berdasarkan empat kategori (Sangat Kreatif, Kreatif, Cukup Kreatif, dan Kurang Kreatif) dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga pertemuan. Setiap pertemuan mengangkat subtema yang berbeda dan memadukan cerita bergambar dengan aktivitas pendukung seperti menggambar, bermain peran, serta diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak secara bertahap di setiap pertemuan. Pada Siklus I, pertemuan pertama menunjukkan bahwa 55% anak masih berada dalam kategori Kurang Kreatif, dan hanya 10% dalam kategori Sangat Kreatif. Namun, melalui penerapan teknik bercerita yang menarik, kegiatan menggambar, dan bermain peran, terjadi peningkatan signifikan di pertemuan ketiga, dengan 20% anak masuk kategori Sangat Kreatif dan hanya 25% masih tergolong Kurang Kreatif. Peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada Siklus II. Pada pertemuan pertama, 25% anak masuk kategori Sangat Kreatif dan 20% masih dalam kategori Kurang Kreatif. Di pertemuan kedua, angka anak yang Sangat Kreatif meningkat menjadi 45%, dan hanya 5% yang tergolong Kurang Kreatif. Puncaknya, pada pertemuan ketiga, 55% anak berada dalam kategori Sangat Kreatif dan tidak ada lagi anak yang termasuk dalam kategori Kurang Kreatif. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media cerita bergambar, jika dikombinasikan dengan metode interaktif seperti bermain peran dan diskusi kreatif, mampu merangsang daya imajinasi, ekspresi, dan keberanian anak dalam mengungkapkan ide. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita bergambar secara sistematis dan kreatif efektif dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini merekomendasikan agar guru PIAUD lebih aktif menggunakan cerita bergambar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada anak. Kata kunci: Kreativitas, Anak Usia Dini, Cerita Bergambar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 12 Oct 2025 10:34
Last Modified: 12 Oct 2025 10:34
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2387

Actions (login required)

View Item View Item