Search for collections on IAIN Manado Repository

ANALISIS DAMPAK BEBAN MENGAJAR TENAGA PENDIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH ARAFAH KOTA BITUNG

LENTANG, FIRMANSYAH NAZARUDIN (2025) ANALISIS DAMPAK BEBAN MENGAJAR TENAGA PENDIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH ARAFAH KOTA BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Irr 1-3 - Zulfianty Umar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan menganalisis pengalaman dan bentuk pemaknaan beban mengajar pada tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Arafah Kota Bitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan melibatkan informan yang memiliki peran dalam pengelolaan beban mengajar, informan yang mengalami fenomena terkait beban mengajar, dan informan yang terlibat secara langsung terhadap bentuk implikasi dari beban mengajar dalam proses pembelajaran. Informan-informan tersebut adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah urusan kurikulum, tiga tenaga pendidik, dan tiga peserta didik yang diwawancarai secara mendalam serta menjadi objek yang diamati dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data dilakukan melalui lima tahap yaitu, tahap awal, tahap horizonalization, tahap cluster of meaning, tahap deskripsi esensi, dan tahap pelaporan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa beban mengajar tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Arafah Kota Bitung telah terbagi secara proporsional jika diukur dari segi pembagian jam pelajaran. Sedangkan, analisis pengalaman dan pemaknaan menunjukan bahwa tambahan mata pelajaran lebih dari satu yang tidak sesuai dengan disiplin ilmu pada tenga pendidik memiliki dampak yang positif dan negatif dalam proses pembelajaran. Dampak positif yaitu, memperkaya pengalaman mengajar tenaga pendidik, menambah pengetahuan tenaga pendidik, dan meningkatnya motivasi mengajar tenaga pendidik. Dampak negatif beban mengajar yaitu, menurunya fokus mengajar tenaga pendidik, menurunya tingkat interaksi antara tenaga pendidik dan peserta didik, dan kesulitan dalam mengembangkan proses pembelajaran secara efektif dan inovatif. Hasil pengukuran subjektif dan pengukuran kinerja menunjukan, beban mengajar dapat membantu melatih profesionalitas tenaga pendidik, karena tenaga pendidik dapat menjalankan proses pembelajaran secara optimal meskipun memiliki beban mengajar sebagaimana pengalaman dan pemaknaan yang diungkapkan. Kata Kunci : Beban Mengajar, Tenaga Pendidik, Proses Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 09 Oct 2025 08:38
Last Modified: 09 Oct 2025 08:38
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item