Ana Finurica, Ana Finurica (2025) STRATEGI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF BERBASIS P5RA DI MIN KOTA MANADO. Masters thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
BAB 123 + dafpus - Ana Finurica.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan pendidikan holistik integratif di madrasah yakni untuk memberikan pendidikan karakter pada siswa. Melalui pendidikan holistik integratif berbasis P5RA di madrasah, siswa diajarkan dengan memperhatikan seluruh potensi yang ada pada dirinya sehingga akan tercipta siswa yang tidak hanya pintar secara akademik saja, namun memiliki akhlak, spiritual, dan kemampuan sosial yang baik. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan holistik inetgratif di madrasah adalah dengan strategi manajerial yang dilaksanakan oleh kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi dalam satu lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan holistik integratif berbasis P5RA, dan 2) Implementasi strategi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan holistik integratif berbasis P5RA. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Manado yakni MIN 1 Manado dan MIN 2 Manado. Informan dalam penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, koordinator P5RA, guru kelas, dan komite madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi manajerial kedua kepala madrasah terdiri dari 3 tahap yakni : formulating atau merumuskan, implementing atau mengimplementasikan, dan evaluating atau melakukan evaluasi. Tahap merumuskan dilaksanakan kegiatan rapat dengan merumuskan visi dan tujuan madrasah, membagi tugas guru, analisis situasi di madrasah, analisis kebutuhan lingkungan, dan perumusan kebijakan madrasah. Tahap implementasi dengan mengoptimalkan potensi guru melalui kegiatan pelatihan, penyusunan kegiatan pembelajaran, dan penggunaan sarana prasarana yang mendukung. Tahap evaluasi dilakukan dengan monitoring, supervisi, dan rapat evaluasi tindak lanjut. 2) implementasi strategi manajerial kepala madrasah dilihat dari standar nasional pendidikan yakni dengan pengelolaan tenaga pendidik dengan kualifikasi S1 dan S2 dengan pengembangan guru profesional melalui pengembangan diri, dan optimalisasi sarana prasarana berupa ruang kelas yang mendukung, ketersediaan media digital, serta peran orangtua dalam optimalisasi sarana prasarana. Kata kunci: Strategi manajerial, Mutu pendidikan, Pendidikan holistik- integratif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:33 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:33 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |