Search for collections on IAIN Manado Repository

NILAI-NILAI DAKWAH DALAM FILM “SANG KIAI” (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Asmaul Husna, Asmaul Husna (2025) NILAI-NILAI DAKWAH DALAM FILM “SANG KIAI” (Analisis Semiotika Roland Barthes). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
bab 1,2,3 - Maul99 Channel.docx

Download (1MB)

Abstract

Film Sang Kiai merupakan film drama sejarah yang mengangkat kisah perjuangan KH. Hasyim Asy’ari, tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), dalam mempertahankan prinsip keislaman dan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Film ini tidak hanya menampilkan peristiwa sejarah, tetapi juga sarat dengan pesan-pesan dakwah yang tersirat dalam visual dan dialognya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam film Sang Kiai dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Fokus penelitian mencakup dua aspek utama: pertama, mengidentifikasi nilai-nilai dakwah yang tersirat dalam film; kedua, menganalisis makna denotatif dan konotatif dari simbol-simbol dakwah berdasarkan teori Barthes. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi adegan-adegan film dan dokumentasi dari sumber tertulis relevan. Objek penelitian adalah film Sang Kiai, dengan subjek berupa potongan visual dan narasi yang mengandung nilai dakwah. Hasil penelitian mengungkap tiga nilai utama dakwah dalam film ini, yaitu: (1) nilai akidah, berupa penegasan keesaan Allah dan penolakan terhadap praktik syirik seperti penghormatan terhadap simbol Jepang (Seikerei); (2) nilai akhlak, yang tercermin dari keteguhan, kesabaran, dan keberanian para tokoh dalam menghadapi penjajahan; dan (3) nilai ibadah, tergambar melalui pelafalan sholawat dan tasbih sebagai ekspresi kecintaan kepada Allah dan Rasulullah ﷺ. Secara denotatif, film merepresentasikan sejarah nyata perjuangan KH. Hasyim Asy’ari, sedangkan secara konotatif, film menyampaikan pesan dakwah yang mendalam melalui simbol-simbol religius dan budaya pesantren. Dengan demikian, film Sang Kiai berperan tidak hanya sebagai media hiburan dan edukasi sejarah, tetapi juga sebagai media dakwah kultural yang efektif menyampaikan ajaran Islam. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan semiotika Roland Barthes mampu mengungkap dimensi dakwah dalam media visual, khususnya dalam konteks perjuangan keislaman dan kebangsaan di Indonesia. Kata Kunci: Nilai-nilai Dakwah, Film Sang Kiai, Semiotika Roland Barthes, Denotasi, Konotasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosial Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2025 05:15
Last Modified: 29 Aug 2025 05:15
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item