Anggriyani, Anggriyani (2025) THE USE OF FREE WRITING TECHNIQUE IN IMPROVING STUDENTS’ WRITING ABILITY AT TENTH GRADE STUDENTS OF MADRASAH ALIYAH SWASTA ALKHAIRAAT MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
CHAPTER 1,2 3 - Anggriyani.docx Download (563kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik menulis bebas dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Swasta Alkhairaat Manado, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Selama tes, peneliti menginstruksikan siswa untuk menulis teks naratif menggunakan serangkaian gambar sebagai petunjuk dalam format esai. Studi ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu Siklus 1 dan Siklus 2. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pre-test menunjukkan persentase yang rendah, hanya 10,53% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum, yaitu 70. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan dan hambatan yang dihadapi oleh siswa dalam menulis. Hasil Siklus 1 menunjukkan perbaikan, dengan persentase penguasaan sebesar 47,37% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Peneliti kemudian melaksanakan Siklus 2 untuk merevisi dan mengatasi masalah yang ditemukan pada siklus pertama. Hasil Siklus 2 menunjukkan bahwa teknik menulis bebas efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa, yang dibuktikan dengan peningkatan persentase penguasaan menjadi 63,16% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Kata Kunci: Teknik Menulis Bebas, Kemampuan Menulis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Profesi |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 02:58 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 02:58 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |