Mokoginta, Yeyen (2025) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL LAPBOOK PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BILALANG II. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
SKRIPSI_YEYEN MOKOGINTA - Yeyen Mokoginta.pdf Download (5MB) |
Abstract
Hasil observasi awal menunjukkan bahwa metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 3 Bilalang II masih berfokus pada ceramah dan menggunakan buku cetak sebagai media utama. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran yang lebih inovatif. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk memperkenalkan serta menerapkan penggunaan media pembelajaran Lapbook di kelas V dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik maka peneliti menyimpulkan bahwa permasalahan yang dialami peserta didik adalah pada media pembelajaran yang kurang efektif, sehingga keadaan tersebut yang melatar belakangi peneliti untuk membuat pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan mengunakan media LapBook. Adapun dalam Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 3 Bilalang II dengan memanfaatkan media lapbook. Subjek penelitian mencakup 32 siswa kelas V SD Negeri 3 Bilalang II pada Tahun Pelajaran 2024/2025, yang terdiri dari 18 siswi dan 14 siswa, serta guru PAI yang bertindak sebagai observator. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi untuk menilai aktivitas siswa dan guru, serta tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II setelah diterapkannya pembelajaran dengan media Lapbook. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata siswa adalah 74,25. Setelah pelaksanaan siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 83,75, dan pada siklus II mengalami peningkatan lebih lanjut hingga mencapai 87,25. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar penggunaan media Lapbook dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat diterapkan secara lebih optimal. Guru diharapkan lebih sering menggunakan media ini dalam proses belajar mengajar serta meningkatkan kreativitas dalam mengelolah pembelajaran, sehingga suasana kelas menjadi lebih efektif, interaktif, dan menyenangkan. Kata Kunci : Media Visual Lapbook,Pelajaran PAI,Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibitidaiyah |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:28 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 07:28 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |