DAMPAK POLA ASUH OTORITER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA MI AT TAQWA PERKAMIL MANADO)

Putro, Reihan Banyu (2025) DAMPAK POLA ASUH OTORITER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA MI AT TAQWA PERKAMIL MANADO). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI REIHAN revisi terbaru - Reihan Mertosono.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pola asuh otoriter terhadap motivasi belajar siswa kelas lima di MI At Taqwa Perkamil Manado. Pola asuh otoriter ditandai dengan kedisiplinan yang tinggi, kontrol ketat, serta minimnya kebebasan dalam pengambilan keputusan, yang dapat berdampak signifikan pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa, orang tua, teman sekelas serta guru di MI At Taqwa Perkamil Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh otoriter memiliki dampak ganda pada motivasi belajar siswa. Di satu sisi, siswa menunjukkan kedisiplinan dan kepatuhan yang tinggi terhadap aturan, serta memiliki daya juang yang kuat dalam mencapai tujuan akademik. Namun, di sisi lain, ditemukan bahwa pola asuh ini dapat menghambat perkembangan motivasi intrinsik siswa, menyebabkan tingkat stres yang tinggi, kurangnya kemandirian dalam belajar, serta ketidakmampuan dalam menghadapi kegagalan akademik. Faktor-faktor seperti komunikasi yang minim dan tekanan psikologis yang tinggi menjadi hambatan utama dalam meningkatkan motivasi belajar yang optimal. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan perlunya pendekatan pola asuh yang lebih seimbang, yang tidak hanya menekankan pada disiplin tetapi juga memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan motivasi intrinsiknya melalui dukungan emosional yang memadai. Kata Kunci: pola asuh otoriter, motivasi belajar, kedisiplinan, stres akademik, kemandirian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial > Psikologi Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:05
Last Modified: 30 Jun 2025 06:05
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item