PERAN ORGANISASI SISWA INTRA MADRASAH (OSIM) DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH MANADO

Mangkarto, Fajar Ikram (2024) PERAN ORGANISASI SISWA INTRA MADRASAH (OSIM) DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI - FAJAR IKRAM MANGKARTO NIM 1823048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pokok masalah penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui: 1) Dampak OSIM di MTs Al-Falah Manado terhadap kepercayaan diri peserta didik; 2) Faktor pendukung dan penghambat penghambat dalam pelaksanaan OSIM yang memengaruhi kepercayaan diri peserta didik di MTs Al-Falah Manado. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian Fenomenologi. Informan penelitian adalah kepala Madrasah, Pembina OSIM, pengurus dan anggota OSIM di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Manado. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dipakai adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode induktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang didapatkan meliputi penerapan kegiatan OSIM dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik di MTs Al-Falah Manado, yaitu dengan melalui kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan. Kegiatan harian, yaitu kegiatan tadarus dan hafalan dipagi hari sebelum bel masuk berbunyi. Kegiatan mingguan, yaitu kegiatan tazkir rutin setiap hari Jum’at pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan tahunan meliputi kegiatan Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj, dan Tazkir Akbar, kultum bulan Ramadhan. Dan peringatan harihari Nasional seperti hari kemerdekaan 17 Agustus. Dengan mengikuti kegiatankegiatan rutin tersebut, terlihat sikap percaya diri peserta didik meningkat secara signifikan. Faktor pendukung upaya membentuk rasa percaya diri peserta didik di MTs Al-Falah Manado adalah dukungan penuh dari pihak Madrasah terutama peran Pembina OSIM dan juga saran-prasarana madrasah yang memadai guna keberlangsungan berjalannya kegiatan-kegiatan OSIM. Adapun faktor penghambat dalam membentuk rasa percaya diri peserta didik di MTs Al-Falah Manado yaitu terdapat beberapa peserta didik kurang aktif dalam berorganisasi. Kata Kunci: Peran, OSIM, Percaya Diri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 19 May 2025 04:20
Last Modified: 19 May 2025 04:20
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item