Ilahude, Putri Herdamayanti (2024) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
Skripsi a.n Putri Herdamayanti Ilahude.pdf Download (9MB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Bitung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah metode min mapping dapat meningkatkan hasil belajar pengetahun (C1) dan pemahaman (C2) mata pelajaran Sejarah Kebuayaan Islam di kelas XI MAN 1 Bitung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari hasil non tes seperti pedoman observasi aktivitas guru dan peserta didik serta data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA MAN 1 Bitung yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik yang tuntas secara klasikal sebesar 53.12% dengan nilai rata-rata 67.81. Adapun pada siklus II peserta didik yang tuntas secara klasikal sebesar 90.62% dengan nilai rata-rata 85.31. Jadi metode yang diberikan yakni metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Bitung. Kata kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 May 2025 03:37 |
Last Modified: | 19 May 2025 03:37 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |