PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MAN MODEL 1 MANADO

Ramli Basri, Ramli Basri (2019) PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MAN MODEL 1 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
RAMLI BASRI(B).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kualifikasi akademik terhadap kinerja guru; (2) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru; (3) Pengaruh kualifikasi akademik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di MAN Model 1 Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 77 orang Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup model rating scale untuk semua variabel. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan dengan menguji validitas isi dan butir yang dihitung dengan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda dua prediktor pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai Fhit > Ftabel = 22,60 > 3,97 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kualifikasi akademik terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi (R) 0,232 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh kualifikasi akademik sebesar 23,2%; (2) nilai Fhit > Ftabel = 57,33 > 3,97 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi (R) 0,433 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh motivasi kerja sebesar 43,3%; serta (3) nilai Fhit > Ftabel = 28,730 > 3,12 maka kualifikasi akademik dan motivasi kerja bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi (R) 0,437 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh kualifikasi akademik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di MAN Model 1 Manado adalah sebesar 43,7%. Kata kunci: kualifikasi akademik, motivasi kerja, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 06 Feb 2021 23:58
Last Modified: 06 Feb 2021 23:58
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item