PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DALAM MENGHAFAL SURAH – SURAH PENDEK di MADRASAH IBTIDAIYAH AL – MUHAJIRIN BITUNG

Ishak, Siti Hindun (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DALAM MENGHAFAL SURAH – SURAH PENDEK di MADRASAH IBTIDAIYAH AL – MUHAJIRIN BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SITI HINDUN ISHAK(B).pdf

Download (1MB)

Abstract

program pembelajaran di Madrasah. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam materi menghafal surat-surat pendek dalam Al- quran.Oleh karena itu,dalam meningkatkan hasil belajar peneliti menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe make a match terutama dalam menghafal surat-surat pendek. Adapun tujuan penelitian ini, 1). Mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif Make A Match dalam menghafal surat-surat pendek di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kota Bitung. 2). Mengkaji dan mengungkap faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dalam menghafal surat-surat pendek di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kota Bitung. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif Deskriptif perencanaan dan pelaksanaan, pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sasaranya siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin dalam materi menghafal surat - surat pendekTeknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan pelaksanaan, pengamatan,wawancara dan dokumentasi. Data tentang hasil penerapan pembelajaran di dapat dengan mengunakan pengamatan dan untuk menggali data tentang proses pembelajaran mengunakan wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian.apabila peserta didik menguasai materi dari tujuan yang mesti dicapai. Langkah - langkah penerapannya meliputi : 1).Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. 2).Beberapa siswa dari tiap kelompok mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal / jawaban. 3). Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang. Hasil penelitian yang digunakan dengan menerapkan model make a match, menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model make a match meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kota Bitung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Dec 2020 05:53
Last Modified: 28 Dec 2020 05:53
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item