Janis, Abriani (2019) PERAN GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMP NEGERI 1 NUSA TABUKAN KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
ABRIANI JANIS(B).pdf Download (568kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remajapada siswa SMP Negeri 1 Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Fokus penelitian ini mengenai hal-hal yang berkaitan dengan peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja meliputi: (1) Tipe-tipe kenakalan yang terjadi di SMP Negeri 1 Nusa Tabukan, (2) Peran guru PAI dan upaya/solusi dalam menanggulangi kenakalan remaja pada Siswa SMP Negeri 1 Nusa Tabukan. Penelitian ini termasuk penelitian studikasus yang meneliti tentang bagaimana peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja pada Siswa SMP Negeri 1 Nusa Tabukan dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam menanggulangi kenakalan remaja pada peserta didik di SMP Negeri 1 Nusa Tabukan. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Adapun teknik penelitian yang peneliti gunakan yaitu,(a). Observasi; Pengumpulan data dengan observasi langsung atau dengan pengamatan langsung adalah cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut. (b).Dokumentasi;Yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, rapat, lengger, agenda, dan sebagainya. Yang berhubungan dengan masalah penelitian. (c). Metode Wawancara/Interview;Adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab, sambil bertatap muka antara si penanya atau pewancara dengan si penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan Interview guide (panduan wawancara). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Kenakalan yang ada dalam lingkungan sekolah terjadi karena berbagai faktor yang mendukung yang ada di dalam kehidupan siswa seperti faktor pribadi, keluarga, komunitas masyarakat dan lain sebagainya. Kenakalan yang terjadi seperti membuat gaduh di kelas, terlambat, tidak mengerjakan tugas dan lain sebaginya. 2) Guru PAI disamping mempunyai peran dalam pembelajaran PAI di dalam kelas juga mempunyai peran aktif dalam menanggulagi kenakalan peserta didik. Dengan metode ini tidak hanya guru PAI yang berperan dalam menaggulangi kenakalan peserta didik akan tetapi guru yang lain juga mempunyai tugas dalam menanggulangi kenakalan peserta didik, seperti mengadakan bimbingan khusus pada peserta didik yang sering melakukan kenakalan pada jam-jam khusus yaitu pada istirahat atau diluar jam pelajaran, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan keyakinan bahwa guru dalam memberikan pengarahan tidak hanya menggunkan metode lisan saja akan tetapi metode praktik dan perhatian menjadikan siswa akan memahami bagaimana seorang guru menjadi peran dalam menanggulangi kenakalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Dec 2020 05:53 |
Last Modified: | 28 Dec 2020 05:53 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/54 |
Actions (login required)
View Item |