EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TUMPAAN KECAMATAN TUMPAAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Panji, Sulfa (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TUMPAAN KECAMATAN TUMPAAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TUMPAAN KECAMATAN TUMPAAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan dengan sub masalah: 1) Bagaimana efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan? dan 2) Faktor apa yang mendukung dan menghambar efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan Metode penelitian yang digunakan dalam peeltian ini adalah metode kualitatif dengan komponen: desain penelitian, tempat dan lokasi penelitian, subek dan objek penelitian, instrument penelitian berupa yaitu alat yang digunakan dalam bentuk observasi, wawancara dan dokumen yang dijadikan bahan dalam penelitian ini, sumber data berbentuk data primer dan data sekunder, terhnik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumen, analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan atau verifikasi data, akhirnya pengujian keabsahan dengan cara triangulasi data yaitu membandingkan antara hasil pengamatan, wawancara dan dokumen Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan yaitu adanya interaksi yang baik antara guru dan peserta didik dengan memperhatikan beberapa unsur yaitu persiapan sebelum proses pembelajaran berlangsung, konsep pengaturan tempat duduk peserta didik, sumber dan media belajar dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan yaitu peserta didik merasa senang mengikuti pembelajaran dan guru mempunyai komptensi dalam bidang yang diajarkannya serta sarana dan prasarana yang umpuni. Selanjutnya efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam akan terhambat bila peserta didik acuh tak acuh dalam kegiatan proses belajar megajar dan kondisi kelas yang tidak mendukung baik dari sarana maupun prasana, karena peserta didik belum menganggap fasilitas sekolah adalah hal yang harus dijaga dan peserta didik belum menganggap sarana dan prasana bagian dari miliknya. Kata kunci: efektivitas pembelajaran, interaksi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Studi Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 08 Nov 2022 23:38
Last Modified: 08 Nov 2022 23:38
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item