Hairun, Sindi (2022) STRATEGI KEPALAH SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1MOLOBOG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR. Other thesis, IAIN Manado.
Text
SodaPDF-converted-skripsi sindi (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran dalam pendidikan memegang peranan penting untuk menambah ilmu pengetahuan, keterampilan dan peranan konsep diri. Dalam proses pembelajaran diperlukan adanya aktivitas, dan proses belajar mengajar guru diharapkan mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh siswa untuk dapat digunakan dalam belajar. Pentingnya strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agar nantinya peserta didik dapat mengembangkangkan minat, bakat serta mampu mengembangkan pola pemikirannya sehingga dapat berfikir kritis dan rasional sehingga hasil belajarnyapun akan berkembang kearah yang lebih baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1)Untuk mendeskripsikan kepala sekolah dalam meningkatkan Kualitas guru dalam perencanaan pembelajaran di SD Negeri 1 Molobog Kab. Bolaang Mongondow Timur, (2) Untuk Mendeskripsikan bagaimana Strategi kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 1 Molobog Kab. Bolaang Mongondow Timur (3) Untuk Mengetahui bagaimana Strategi kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas guru dalam menyusun evaluasi dalam pembelajaran di SD Negeri 1 Molobog Kab. Bolaang Mongondow Timur. Penelitian ini menggunakan deskriptif Kualitatif, dimana subjeck penelitian adalah kepala sekolah, guru dan beberapa peserta didik. Metode yang penulis gunakan xiv dalam pengumpulan data pada penulisan skripsi ini adalah dengan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi yang akan mengambarkan bagaimana strategi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang digunakan oleh kepala sekolah SD Negeri 1 Molobog Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Cara pembahasan yang digunakan untuk menganalisa data adalah dengan mengunakan pola pikir iduktif, yaitu berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa yang bersifat empiris kemudian temuan tersebut dipelajari dan dianalisa sehingga bisa dibuat satu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Strategi yang diterapkan oleh Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Molobog yaitu dengan, (a) Melihat kualitas seorang guru.( b) Melihat keaktifan siswa. (c) Melakukan kerja sama dengan orang tua Siswa.(d.) Melakukan pelatihan kepada guru-guru. (2) Kendalah yang di hadapi oleh kepalah sekolah dalam menerapkan strategi pembelajaran yaitu dengan, (a) Kurangnya tenaga kependidikan (SDM). (b) Kurang baiknya kerja sama orang tua wali dengan pihak sekolah. (c) Sarana dan prasarana belum memadai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Studi Keagamaan > Studi Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 07:34 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 23:37 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/443 |
Actions (login required)
View Item |