THE USE OF ICE BRAKING TO MOTIVATE THE STUDENTS ENGLISH LEARNING At MTs MUHAMMADIYAH TANAMON

KADER, DWI ASTISA (2022) THE USE OF ICE BRAKING TO MOTIVATE THE STUDENTS ENGLISH LEARNING At MTs MUHAMMADIYAH TANAMON. Other thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRISPI DISTRIBUSI DWI ASTISA KADER TBI2K17.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dwi Astisa Kader 2022 Penggunaan Ice Breaking Untuk Memotivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris (Penelitian Tindakan Kelas Kelas VIII di MTS Muhammadiyah Tanamon Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan). Skripsi dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Manado (IAIN Manado). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan teknik Ice breaking dapat memotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTS Muhammadiyah Tanamon yang berjumlah 24 siswa yang terbagi atas 11 perempuan dan 13 laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa instrumen untuk mengumpulkan data seperti; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Tes, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam menerapkan tes, peneliti meminta subjek penelitian untuk berlatih dialog sederhana tentang membuat percakapan sederhana tentang memperkenalkan nama dan ekspresi meminta izin. Dalam penelitian ini terdapat tiga siklus yaitu Pra-Siklus, Siklus I, Siklus II. Selanjutnya Siklus I dan Siklus II dilaksanakan dalam dua sesi. Pada pra siklus, persentase ketuntasan siswa sangat rendah (37%) sehinga studi tindakan kelas ini dilakukan untuk memecahkan masalah siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada siswa. Hasil dari siklus I menunjukkan bahwa Ice breaking dapat memotivasi kemampuan bahasa Inggris siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase ketuntasan siswa pada siklus I (62%). Peneliti melanjutkan siklus II untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi pada siklus I; dan untuk persentase ketuntasan siswa pada siklus II sangat baik (87%). teknik mengajar. Kata kunci: Ice Breaking, Motivasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:35
Last Modified: 10 Aug 2022 07:35
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item