PENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYYAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MANADO

Palinto, Ayu Lestari (2019) PENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYYAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MANADO. IAIN MANADO. (Submitted)

[img] Text
AYU LESTARI PALINTO(B).pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyyah adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran bahasa Arab agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki dengan cara mendengarkan dan berbicara Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas, karena masalah dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar bahasa arab peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi, sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIF Mts Negeri 1 Manado yang terdiri atas 12 laki-laki dan 18 Perempuan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi. Adapun tujuan peneliti dalam hal ini adalah : untuk mengetahui Penerapan Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyyah dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Manado Dari data hasil penelitian dapat dilihat dari nilai tes awal peserta didik yang semula sangat kurang memuaskan dengan rata-rata 65 dan presentase ketuntasan hanya 30%, dari 30 peserta didik yang mengikuti tes, hanya 9 peserta didik yang telah mencapai ketuntasan, namun setelah mendapatkan pembelajaran melalui penerapan metode As-Sam’iyyah Asy-syafawiyyah pemahaman peserta didik semakin meningkat. Yaitu dapat dilihat dari hasil tes siklus I yang hasil rata-rata mencapai 75 dan presentase ketuntasan mencapai 76,6% dari 30 peserta didik yang mengikuti tes sudah 23 peserta didik yang telah mencapai ketuntasan. Pada tindakan siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan presentase 100% karena dari 30 peserta didik semuanya mencapai ketuntasan. Kata Kunci : Metode As-Sam’Iyyah As-Syafawiyyah, PTK Hasil Belajar Bahasa Arab Method As-Sam’iyah Asy-Syafawiyah is a regular way that is used to carry out the learning of the Arabic language in order to achieve in accordance with the desired by means of listening and speaking This type of research in this thesis is a classroom action research, because of the problems og teaching practice in the classroom as an effort to improve results of learning of Arabic language learners, the process of the implementation of the action classincludes four stages, namely: (1) Planning, (2) Implementation, (3) Observation, (4) Reflection, this research is the students of class VIIF Madrasah Tsanawiyah country 1 Manado consisting of men 12 an 18 women. The collection techniques using tests, interviews, observation The purpose ot the researchers in this case are: to know the application of the method As-Sam’Iyyah Asy-syafawiyyah in improving the results of learning the Arabic language at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Manado From the data the results of this study can bee seen from the test beginning learners who had initially been very less than satisfactory with an average of 65 presentation and completeness is only 30% of the 30 learners who participated in the tests only 9 students who have reached mastery, but after getting learning through the application of the method As-Sam’Iyyah Asy-syafawiyyah students understanding is increasing that can be seen from the test results cycle 1 the average yield reached 76,6% of the learners who take the test are already 23 students who have reached mastery. On the action of the 2nd cycle the average grade increased to 80 with the percentage of completeness 100% because of 30 learners al achieve mastery. Key Words: The As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyyah, PTK, The result of learning Arabic

Item Type: Book
Subjects: pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 17 Aug 2020 03:41
Last Modified: 17 Aug 2020 03:41
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item