PERAN DOSEN DALAM MENANGKAL RADIKALISME AGAMA DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN MANADO

Abijulu, Izati (2021) PERAN DOSEN DALAM MENANGKAL RADIKALISME AGAMA DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
skripsi Izzati Abijulu.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Dosen dalam Menangkal Radikalisme Agama di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado dengan sub masalah 1) Bagaimana perspektif Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado dalam menangkal radikalisme agama? 2) Bagaimana peran dan strategi Dosen dalam menangkal radikalisme agama di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado? Dan penelitian ini dibatasi seputar persepsi, peran dan strategi dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado dengan mengambil beberapa pendapat dosen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan nantinya akan deskripsikan dalam bentuk narasi dari peneliti, selanjutnya ada waktu dan tempat penelitian, objek penelitian, subjek penelitian, metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi, instrument penelitian terdiri dari kisi-kisi pedoman wawancara dan kisi-kisi dokumentasi, keabsahan data, tehnik analisa data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan Hasil penelitian Perspektif Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado dalam menangkal radikalisme agama yaitu: dengan memberikan pemahaman agama berdasarkan Alquran dan hadis secara moderat dan menghindari pemahaman agama yang sempit, tidak berpaham fanatisme, mengutamakan dialog, tidak memaksakan suatu idiologi diluar dari idiologi yang sudah disepakati. Peran dan strategi Dosen dalam menangkal radikalisme agama di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado yaitu: berusaha membuat kurikulum yang di dalamnya membicarakan tentang radikalisme di mana kurikulum ini harus diberlakukan disemua fakultas dan menjadi sesuatu yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa. Begitu juga kepada tenaga pendidik lainnya dan tenaga kependikan harus diberkan pemahaman yang tepat tentang radikalisme itu. Selanjutnya jika ditemukan adanya bibit-bibit akan munculnya paham radikalime dalam perspektif negative maka harus berusaha untuk menghalanginya dan mecari solusinya terhadap paham radikal itu dan kembali kepada paham yang berdasarkan Alquran dan hadis dengan cara moderat. Kata Kunci: Radikalisme, Perspektif Dosen FTIK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Studi Keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 05 Aug 2022 05:47
Last Modified: 05 Aug 2022 05:47
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item