PENGARUH PERILAKU MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-LUTFHI LOLANAN

Kaliki, Siti Fanti (2021) PENGARUH PERILAKU MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-LUTFHI LOLANAN. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi fanti full.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi Perilaku Mengajar Guru terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Perilaku mengajar guru sebagai salah satu syarat untuk memberikan sebuah pembelajaran yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan peserta didik sehingga peserta didik memiliki minat belajar yang tinggi terhadap materi yang diajarkan agar peserta didik mendapatkan hasil belajar yang baik. Peneliti juga memberikan masukan agar kiranya orang tua dan guru dapat bekerja sama dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dii mana peran orang tua dan guruu sagatlah penting untuk memberikan pelajaran kepada peserta didik. Dan juga bagi guru kiranya diharapkan dapat lebih memperbaiki kosakata bahasa yang lebih baik sehingga peserta didik lebih mudah untuk mengerti atau memahami dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik Pada penelitian ini peneliti mengangkat judut tentang “Pengaruh Perilaku Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Lutfi Lolanan” dengan permasalahan adakah pengaruh perilaku mengajar terhadap minat belajar peserta didik dan seberapa besar pengaruh perilaku mengajar terhadap minat belajar peserta didik. Dan penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Lutfhi Lolanan dengan menggunakan metode penelitian kuntitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MTs Al-Luthfi Lolanan sebanyak 92 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 75 peserta didik yang dipilih secara acak. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang berisi pertanyaan dengan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan antara perilaku mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik. Nilai koefisien korelasi r menunjukkan bahwa hubungan antara perilaku mengajar guru dengan minat belajar peserta didik berada pada kategori rendah. Nilai r2 menunjukkan bahwa pengaruh perilaku mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik dapat dijelaskan sebesar 14,3% sedangkan 85,7% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini. Kata Kunci: Perilaku mengajar. minat belajar, al-Qur’an Hadis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 05 Aug 2022 05:46
Last Modified: 05 Aug 2022 05:46
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item