EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA PEMBELAJARAN PAI DI MTS NURUL HUDA KAUDITAN II)

FITROHATIN, ANIS (2021) EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA PEMBELAJARAN PAI DI MTS NURUL HUDA KAUDITAN II). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
TESIS ANIS 1951001.pdf

Download (9MB)

Abstract

1. Efektivitas Metode Menghafal Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Pembelajaran PAI Di Mts Nurul Huda Kauditan II) Dari hasil hitung di atas dapat diketahui bahwa r hitung = 0.010747, Sedangkan r tabel 64 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0.244 jadi Jika r hitung ≤ r tabel, jadi Ha ditolak dan H0 diterima maka tidak ada pengaruh/efek yang signifikan metode menghafal terhadap hasil belajar siswa. Kemudian pengujian hipotesis diketahui Z0 sebesar 0,0849. Jika dibandingan dengan Z tabel maka 0,0849< 0,254 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima yang artinya metode menghafal al-Qur’an yang digunakan oleh Guru mata pelajaran belum efektiv untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Nurul Huda Kauditan II. Selanjutnya berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa kontribusi Metode menghafal Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar hanya sebesar 0.01% sedangkan 99,99 % ditentukan oleh faktor lain. Dan yang menunjukkan efektivitas tinggi dari pada kelas yang lainnya adalah kelas 8 dengan interpretasi nilai 21,9 %. 2. Faktor Pendukung Dan Penghambat Efektivitas Metode Menghafal Terhadap Hasil Belajar Siswa Mts Nurul Huda Kauditan II Faktor pendukung metode menghafal di MTs Nurul Huda Kauditan II yaitu sarana media yang cukup memadai seperti: buku siswa dan guru, papan tulis white board, wifi, komputer, LCD serta daya ingat yang bagus untuk beberapa siswa dan kerajinan atau keuletan siswa. Dan kendalanya dalam penerapan metode menghafal yaitu keadaan kelas yang monoton, ada sebagian siswa yang belum lancar mengajinya, daya ingat yang lemah, kurang memahami pelajaran, kurang referensi lain selain buku siswa dan guru. Dan bisa dilihat bahwasannya guru kurang dalam memberikan suatu pembelajaran yang menarik pada saat penggunaan metode menghafal. Cara menghafal yang monoton cenderung membuat siswa bosan. Sesuai dengan hasil penelitian bahwa kebanyakan kendala dari diri siswa itu sendiri dari semangat atau motivasi menghafal yang kurang serta kemampuan siswa membaca Al-Qur’an yang kurang mumpuni. Selain itu pengawasan orang tua di rumah untuk mengontrol tugas hafalan putra-putrinya kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 05 Aug 2022 05:41
Last Modified: 05 Aug 2022 05:41
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item