DAMPAK MENGAKSES KONTEN NEGATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XII IPA H DI SMAN 1 KOTAMOBAGU

Pobela, Fatricia Saskia (2024) DAMPAK MENGAKSES KONTEN NEGATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XII IPA H DI SMAN 1 KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Fatricia.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Fatricia Saskia Pobela NIM : 1923068 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Dampak Mengakses Konten Negatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XII IPA H di SMA Negeri 1 Kotamobagu Skripsi ini telah membahas tentang Dampak mengakses konten negatif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian dibatasi pada dampak mengakses konten negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak dan Intensitas mengakses konten negatif terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Jenis dan pendekatan penelitian bersifat deskriptif kualitatif, Lokasi penelitian berada pada SMA Negeri 1 Kotamobagu di jalan. A. R. Hakim No 19 Kotamobagu. Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis yaitu triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil Penelitian bahwa peserta didik kelas XII IPA H di SMA Negeri 1 Kotamobagu semua sudah mempunyai hanphone/gawai bahkan semua siswa telah menggunakan media sosial. Dari hasil penelitian di kelas XII IPA H menyatakan bahwa siswa mengakses konten negatif yang ada di media sosial setiap harinya baik di sengaja maupun tidak di sengaja dan siswa menyatakan bahwa mereka kesusahan untuk menghindari konten-konten yang muncul pada beranda media sosial mereka. Siswa mengatakan bahwa konten negatif yang ada saat ini sudah sangat mudah dijangkau tanpa batasan umur hal itu lah yang berdampak pada perilaku siswa maupun pada motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Dampak, konten negatif, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2024 02:18
Last Modified: 14 May 2024 02:18
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item