IMPLEMENTASI METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MIN 2 MANADO

Sumenda, Jihan (2023) IMPLEMENTASI METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MIN 2 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi (Jihan.S).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Jihan Sumenda NIM 1921007 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul : Implementasi Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di MIN 2 Manado Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture pada siswa di kelas 2 III A MIN 2 Manado. Jenis Penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus,siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A MIN 2 Manado tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 peserta didik dan wali kelas III A sebagai observer. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik, angket minat belajar, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa adanya peningkatan siswa, minat dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II melalui pembelajaran dengan menggunakan metode picture and picture. Pada siklus I rata-rata penilaian aktivitas guru sebesar 3,7% sedangkan pada silus II rata-rata penilaian aktivitas guru sebesar 3,8%, sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh 17,26% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 19,66%. Jadi, dengan demikian dapat disarankan guru sebaiknya dapat mengatur waktu dan materi yang akan diberikan dalam penggunaan metode picture and picture agar semua kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan, dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Kata kunci: Minat dan Hasil Belajar, Picture and Picture, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:31
Last Modified: 16 Feb 2024 06:31
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item