KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF HAJI OEMAR SAID TJOKROAMINOTO DAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH SMK COKROAMINOTO KOTAMOBAGU

DOLOT, SULTAN FIRNANDA (2024) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF HAJI OEMAR SAID TJOKROAMINOTO DAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH SMK COKROAMINOTO KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
PROPOSAL SKRIPSI Sultan Firnan (1)(2).pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Sultan Firnanda Dolot NIM : 1923120 Judul : Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Haji Oemar Said Tjokroaminoto dan Implementasinya di Sekolah SMK Cokroaminoto Pendidikan Karakter Tjokroaminoto adalah studi mendalam tentang pendidikan karakter yang diterapkan oleh HOS Tjokroaminoto seorang pemimpin nasioanl dan pendidik besar di Indonesia. Tjokroaminoto dikenal telah membimbing beberapa tokoh penting Indonesia seperti Soekarno, Sarekat Islam, dan lainnya. Pendekatan Tjokroaminoto dalam pendidikan karakter ini menekankan pentingnya integrasi mora, kejujuran, serta semangat nasionalisme. Tjokroaminoto percaya bahwa pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan akademik, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan nilai-nilai moral. Tjokroaminoto menekankan pentingnya pendidikan yang holistic yang mencakup aspek intelektual, emosional, dan sosial. Pendidikan karakter Tjokroaminoto ini relvan dengan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini, dimana pendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama. Studi ini memberikan wawasan berharga tentag bagaimana pendidikan karakter dapat diterapkan dalam koteks pendidikan modern. Pendidikan Karakter Tjokroaminoto banyak mengundang pemikiran dimana mengembangkan kepribadian yang lebih baik berdasarkan pemikiran dalam agama Islam. Yaitu menjadi muslim sejati dan juga mempunyai budi pekerti yang utama, hidup sederhana punya kebranian dan mendirian, cintah tanah air, mempertebal perasaan kebangsaan. Dengan adanya nilai-nilai dasar mengenai pendidikan kebangsaan di Indonesia melalui karya tulisnya. HOS Tjokraminoto mengangkat martabat dan derajat setiap individu dengan menerapkan semangat nasionalisme, demokrasi dan kesetaraan dalam suatu proses pendidikan. Hanya dengan pendidikan karakterlah dapat terwujud cita-cita Indonesia yaitu menciptakan karakter bangsa yang beradab dan berakhlak mulia. Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Karakter Haji Oemar Said Tjkroaminoto

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:34
Last Modified: 12 Feb 2024 04:34
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item