PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH AN-NUR LOLAK

Paputungan, Alpin (2024) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH AN-NUR LOLAK. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Alvin Nov 2023 Siap Distribusi Final PDF (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Alpin Paputungan NIM : 17.2.3.080 Judul Skripsi : Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa kelas XII di Madrasah Aliyah An-Nur Lolak. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius siswa kelas XII di Madrasah Aliyah An-Nur Lolak Bolaang Mongondow Sulawesi Utara serta apa faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius siswa tersebut. Tujuan penelitian ini selain mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter religius siswa, juga dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan di bidang pendidikan khususnya dalam pembentukan karakter religius siswa serta dapat digunakan sebagai pedoman yang relevan dalam penelitian selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak, siswa kelas XII, kepala madrasah, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius siswa kelas XII di Madrasah Aliyah An-Nur Lolak di antaranya pertama sebagai pengajar, dengan memberikan materi ajar tentang nilai�nilai religius sekaligus mengimplementasikannya. Kedua sebagai pembimbing, dengan melakukan pembimbingan melalui kegiatan pembiasaan religius seperti salam dan tadarus al-Qur’an serta membiasakan shalat Dzuhur berjamaah. Ketiga sebagai penasehat, dengan selalu menasehati para siswanya agar menjadi seseorang yang bernilai dan bertaqwa kepada Allah swt. serta meneladani perilaku Rasulullah saw. Keempat sebagai teladan, dengan berusaha memiliki sikap yang dapat dijadikan tokoh panutan seperti bersikap disiplin dan mencintai kebersihan. Kelima sebagai motivator, dengan selalu memotivasi para siswa agar selalu menguatkan niat untuk menuntut ilmu. Terakhir sebagai evaluator, dengan mengawasi dan menilai implementasi karakter siswa berkenaan dengan nilai-nilai religius yang mereka perbuat. Faktor pendukung terhadap peran guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius siswa kelas XII di Madrasah Aliyah An-Nur Lolak di antaranya adalah adanya sarana ibadah di lingkungan madrasah, adanya program atau kegiatan religius siswa, serta penerapan sanksi sebagai efek jera. Sementara faktor penghambat di antaranya yaitu rendahnya kesadaran siswa, tidak adanya guru bimbingan konseling, rendahnya kepedulian orangtua siswa, dan pengaruh game online. Kata kunci: Peran, Guru Akidah Akhlak, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Studi Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:28
Last Modified: 12 Feb 2024 04:28
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item View Item