PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 1 LOYOW BOLAANG MONGONDOW TIMUR

Budi, Dinda (2023) PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 1 LOYOW BOLAANG MONGONDOW TIMUR. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI DINDA BUDI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Dinda Budi Nim : 1921030 Judul : Penggunaan Media Cerita Bergambar Bermuatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN 1 Loyow Bolaang Mongondow Timur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Membaca peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran cerita bergambar yang bermuatan pendidikan karakter siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, model Kemmis dan Mc taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Loyow yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulah data adalah tes, praktek membaca, observasi, dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan terdapat peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan minat membaca siswa dari siklus I ke siklus II pada siklus I nilai rata�rata aktivitas guru mendapatkan nilai B, kemudian mengalami peningakatan dengan perolehan nilai A pada siklus II. Peningkatan keterampilan membaca pada siklus I untuk hasil tes sebanyak 3 siswa dengan perolehan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 23,08%. Kemudian pada siklus II untuk hasil tes yang meningkat sebanyak 11 siswa dengan perolehan ketuntasan klasikal meningkat 84.61%. Mengacu pada indicator keberhasilan penelitan, yang menetapkan KKM sebesar 80 dan ketuntasan klasikal sebesar 84,61% maka, penelitan ini dinyatakan selesai. Berdasarkan analisis data maka, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran cerita bergambar bermuatan pendidikan karakter dapat meningkatkan ketrampilan belajar peserta didik mata pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SDN 1 Loyow Bolaang Mongondow Timur. Kata kunci: Model pembelajaran cerita bergambar, Pendidian Karakter, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:36
Last Modified: 02 Feb 2024 02:36
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item View Item