PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA MUSLIM DI SMK NEGERI 1 BITUNG

Dwimaharani, Lutfiah (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA MUSLIM DI SMK NEGERI 1 BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Lutfiah Dwimaharani-19.2.3.027.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Lutfiah Dwimaharani NIM : 19.2.3.027 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul :Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Siswa Muslim di SMK Negeri 1 Bitung Skripsi ini menjelaskan tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Siswa Muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan perilaku prososial siswa muslim di SMK Negeri 1 Bitung dan untuk mendeskripsikan problematika peran guru dalam mengembangkan perilaku prososial siswa muslim di SMK Negeri 1 Bitung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data primer dan data sekunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisa menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.Peran guru dalam mengembangkan perilaku prososial seperti perilaku menolong, bekerja sama, berbagi perasaan, bertindak jujur dan bertindak dermawan kepada siswa muslim, terdapat enam peran guru yaitu guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih dan penilai. Adapun Pengembangan perilaku prososial di antaranya pemberian motivasi, modelling, tata tertib sekolah dan aksi sosial. 2. Problematika yang di hadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan perilaku prososial siswa muslim adalah a. Problematika berasal dari siswa (Kurang respon dalam pembelajaran, Perbuatan curang, Kurang bersosialisasi, Pengaruh lingkungan, Mementigkan diri sendiri, Kurang menjaga silaturahmi dan Pengaruh hp), b. Kurang lengkap media yang tersedia (Belum tersedianya LCD/Monitor di dalam kelas). Kata kunci: Peran Guru, Mengembangkan, Perilaku Prososial, Siswa Muslim

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:47
Last Modified: 26 Jan 2024 03:47
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item