MINAT MASYARAKAT NON MUSLIM MENJADI NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG ISTIQLAL MANADO

N. Noho, Nur Ainun Fransiska (2023) MINAT MASYARAKAT NON MUSLIM MENJADI NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG ISTIQLAL MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRPSI Nur Ainun Noho RINGKASAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Ainun Fransiska N. Noho Nim : 19.4.1.043 Fakultas/Prodi : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam/Ekonomi Syariah Judul : Minat Masyarakat Non Muslim Menjadi Nasabah Pada Pegadaian Syariah Cabang Istiqlal Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat non muslim menjadi nasabah Pegadaian Syariah cabang Istiqlal Manado karena terlihat dari semakin meningkatnya nasabah non muslim yang melakukan transaksi pada Pegadaian Syariah Cabang Istiqlal Manado. Metode yang digunakan kualitatif pendataan dan pengumpulan data melalui wawancara, serta observasi langsung di tempat dan data sekunder digunakan untuk melengkapi informasi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa di Pegadaian Syariah Cabang Istiqlal Manado memiliki peningkatan nasabah non muslim per bulan juli sudah di atas 70% dari target pertahun. Pegadaian Syariah berusaha memberikan setiap permintaan sesuai kebutuhan nasabah dalam bertransaksi di Pegadaian Syariah Cabang Istiqlal Manado seperti kenyamanan dalam bertransaksi, memberikan lokasi yang sangat startegis, promosi yang menarik untuk menarik nasabah non muslim menggunakan produk pegadaian syariah, reputasi perusahaan yang terbaik dan bagi hasil sesuai dengan kebutuhan nasabah. Kelima minat tersebut diperoleh dari teori dan riset yang dijadikan sebagai rujukan informasi dapat ditemukan di situs. Berdasarkan temuan tersebut, penulis menyimpulkan secara umum, minat individu yang bukan muslim untuk menggunakan layanan Pegadaian Syariah sangat beragam. Hal ini disebabkan oleh ketertarikan terhadap layanan, lokasi, reputasi, produk, dan pembagian keuntungan yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah. Cabang Pegadaian Syariah Istiqlal di Manado, misalnya, menawarkan beragam produk yang menarik bagi non-muslim. Namun, peningkatan minat ini membutuhkan peran aktif dari masyarakat setempat, termasuk nasabah yang bukan Muslim. Kata Kunci: Minat, Nasabah Non Muslim, Pegadaian Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Perbankan
Ekonomi > Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:52
Last Modified: 17 Jan 2024 07:52
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item