LATUKAU, SRI SUNDARI (2023) MODEL PEMBELAJARAN AGAMA DI IAIN MANADO DAN IAKN MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Sundari-2383 .pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama Penyusun : Sri Sundari Latukau N.I.M : 16.2.3.066 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul Skripsi : “Pembelajaran Digital Studi Komparatif Model Pembelajaran Agama di IAIN Manado dan IAKN Manado” Skripsi ini membahas tentang “Pembelajaran Digitsl Studi Komparatif Model Pembelajaran Agama di IAIN Manado dan IAKN Manado ”. Judul skripsi ini diangkat berdasarkan latar belakang masalah yang ditemukan di tempat penelitian mengenai Pembelajaran digital di IAIN Manado dan IAKN Manado dalam situasi COVID-19. Tuntutan zaman serta kebijakan pemerintah membuat Lembaga Pendidikan menyesuaikan dengan hal tersebut. Kebijakan ini berpengaruh dalam pembelajaran. Oleh karena itu, muncul model pembelajaran agama berbasis digital. Sehingga menjadi salah satu jalan keluar bagi kegiatan pembelajaran di lingkungan IAIN Manado dan IAKN Manado. Maka dari itu, penulis merumuskan dua pertanyaan penelitian yang merupakan rumusan masalah, yaitu: Bagaimana Model Pembelajaran Berbasis Digital di IAIN Manado dan IAKN Manado?, Bagaimana Perbandingan Model Pembelajaran Berbasis Digital di IAIN Manado dan IAKN Manado? Untuk menjawab dua pertanyaan penelitian diatas, maka pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dimana penulis berusaha menggambarkan fenomena yang terjadi berdasarkan fakta, dengan menggunakan tiga instrument dalam pengumpulan data pada tempat penelitian, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun beberapa objek penelitian yaitu, Kaprodi, Dosen dan Mahasiswa IAIN dan IAKN Manado. Dari langkah-langkah yang penulis tempuh, maka penulis mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian bahwa: Model Pembelajaran Agama di IAIN Manado dan IAKN Manado memiliki tahap pembelajaran digital yang cukup mirip, dengan tahapan yaitu: Menelaah dan Mengkaji Kebijakan Pemerintah dan Lembaga, Implementasi Pembelajaran Berbasis Digital, Menggunakan Aplikasi Pembelajaran Digital (Zoom meeting, Google Classroom dan Meeting), Menggunakan Metode Pembelajaran dalam Aplikasi Pembelajaran Digital Memanfaatkan Fasilitas Yang Tersedia, Memanfaatkan Aplikasi Pembelajaran Digital Sebagai Bahan Evaluasi. IAIN Manado dan IAKN Manado memanfaatkan aplikasi pembelajaran digital sebagai bahan pengembangan teknologi pembelajaran. Adapun perbandingan antara IAIN Manado dan IAKN Manado dalam Model Pembelajaran Agama berbasis digital terlihat pada pemanfaatan pembelajaran digital pada mata kuliah tertentu, Dominasi pembelajaran teori dan praktik yang membedakan implementasi pembelajaran digital dan luring, Sumber referensi dan pengembangan pengetahuan dan evaluasi dalam pembelajaran digital. Kata Kunci: Model, Pembelajaran, Digital
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 03:19 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 03:19 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1823 |
Actions (login required)
View Item |