STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENCEGAH DAN MENANGGULANGI TINDAKAN PERUNDUNGAN DI MTS NEGERI 1 BOLAANG MONGONDOW TIMUR

Mokoagow, Dody Rivansa (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENCEGAH DAN MENANGGULANGI TINDAKAN PERUNDUNGAN DI MTS NEGERI 1 BOLAANG MONGONDOW TIMUR. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI DODY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Dody Rivansa Mokoagow Nim : 1924038 Fakultas : Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Judul Skripsi :Strategi Kepala Madrasah Dalam Mencegah Dan Menanggulangi Tindakan Perundungan Di MTs N 1 Bolaang Mongondow Timur Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk perundungan diMTs N 1 Bolaang Mongondow Timur (2) untuk megetahui startegi kepala madrasah dalam mengatasi perilaku perundungan pada siswa MTs N 1 Bolaang Mongondow Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitattif yaitu untuk mendiskripsikan hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti di lapangan mengenai strategi kepala madrasah dalam mencegah tindakan perundungan di MTs N 1 Bolaang Mongondow Timur. Sebagaimana yang ada pada rumusan masalah. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.Tindakan perundungan sering terjadi di MTs N 1 Bolaang Mongondow Timur, Tindakan perundungan memberikan dampak negatif terhadap siswa apabila tidak di atasi, sehingga siswa sulit untuk mencapai aktualisasi dirinya. Maka dengan strategi kepala madrasah yang tepat akan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga proses pembelajaran di sekolah bisa terlaksana dengan efektif dan efisien. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Strategi kepala madrasah dalam pencegahan tindakan perundungan verbal dengan mengarahkan guru-guru untuk melakukan pendekatan dan memberi tauladan kepada siswa, segera menegur dan menasehati bagi pelaku perundungan, memberi hukuman yang mendidik jika pelaku masi mengulang tindakan perundungan verbal, menyerahkan pelaku perundungan verbal kepada guru BK jika guru tidak sanggup menangani, menyerahkan pelaku perundungan verbal kepada kepala madrasah jika guru BK tidak sanggup menanganinya. (2) Bentuk perundungan verbal yang dilakukan siswa di MTs N 1 Bolaang Mongondow Timur berupa kata “bagang” memanggil dengan nama orang tua dan menghina kata “rutuk”. (3) Terbentuknya perilaku perundungan verbal pada siswa MTs N 1 Bolaang Mongondow Timur di sebabkan oleh rasa berkuasa, rasa ingin diperhatikan, iseng dan hiburan. (4) Implikasi strategi kepala madrasah dalam pencegahan perundungan verbal sudah terlibat penuh dalam pelaksanaanya sehingga perubahan itu terbukti dirasakan siswa dan orang tua siswa. Kata kunci : Strategi Kepala Madrasah, Tindakan Perundungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2024 05:54
Last Modified: 12 Jan 2024 03:20
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item