ANALISIS KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI PADA KELAS X SMK NEGERI 1 TUTUYAN

Sari, Nurul Hasana (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI PADA KELAS X SMK NEGERI 1 TUTUYAN. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI HASANA SARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nurul Hasana Sari NIM : 1923072 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Analisis Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PAI Pada Kelas X SMK Negeri 1 Tutuyan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan membaca Al�Quran yang dialami peserta didik dalam mata pelajaran PAI pada kelas X SMKN 1 Tutuyan. Kemudian mendeskripsikan faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran PAI kelas X SMKN 1 Tutuyan. Serta mendeskripsikan upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran PAI kelas X SMKN 1 Tutuyan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik sebagai sumber data primer dan dokumen�dokumen sebagai sumber data sekunder. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut diolah dan dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data tersebut diuji keabsahannya dengan melakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan membaca Al�Qur’an peserta didik bervariasi, ada yang kesulitan dalam pengucapan huruf sesuai makhraj, yang mengalami kesulitan membaca ketika menyambungkan huruf dengan huruf hijaiyah yang lain. Serta sulit membaca Al-Qur’an sesuai tajwid. Faktor yang mempengaruhi kesulitan peserta didik membaca Al-Qur’an kelas X SMKN 1 Tutuyan yakni: faktor internal diantaranya rendahnya semangat peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, tidak menyukai pembelajaran pendidikan Agama Islam. Upaya Guru PAI dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca Al-Qur’an dengan berbagai upaya diantaranya: memberikan motivasi kepada peserta didik yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an, akan berusaha mengadakan sarana dan prasarana dalam belajar, Upaya lain yang dilakukan guru PAI dengan menambah jam pelajaran mata pelajaran, mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler Remaja Tadzkir Al-Qur’an untuk mengajar teman-teman sebayanya, dan yang terkahir mengadakan literasi Al-Qur’an setiap hari Jumat. Kata Kunci : Kesulitan Membaca Al-Qur’an, Pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:29
Last Modified: 21 Dec 2023 06:29
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1818

Actions (login required)

View Item View Item