PEMANFAATAN MEDIA KALENDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA SISWA KELAS 1 MI ARAFAH BITUNG

Apriyanti, Rezi Dwi (2023) PEMANFAATAN MEDIA KALENDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA SISWA KELAS 1 MI ARAFAH BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FULL REZI DWI APRIYANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Rezi Dwi Apriyanti Nim : 19.2.1.020 Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul Skripsi : Pemanfaatan Media Kalender Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) Pada Siswa Kelas 1 MI Arafah Bitung Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik kelas 1 MI Arafah Bitung dengan menggunakan media kalender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I B MI Arafah Bitung Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 15 peserta didik dan wali kelas 1 sebagai observator. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media kalender dapat meningkatkan kemampuan belajar membaca, menulis, dan berhitung (Calistung) pada siswa kelas 1 MI Arafah Bitung. Aktivitas peserta didik dan hasil belajar menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II melalui pembelajaran dengan menggunakan media kalender. Pada siklus I rata-rata penilaian aktivitas guru sebesar 3,3 (Baik) dan meningkat menjadi 4 (Sangat Baik) pada siklus II. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran siklus I sebesar 3,37 (Baik) meningkat menjadi 3,87 (Sangat Baik) pada siklus II. Peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 40% dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Berdasarkan analisis data maka dapat dilihat bahwa media kalender dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: media kalender, belajar membaca, menulis, dan berhitung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:19
Last Modified: 21 Dec 2023 04:19
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item