STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI MUDA INDONESIA DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP KOTAMOBAGU

Sumarto, Tsaltsa Nurhasanah (2023) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI MUDA INDONESIA DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FULL (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Tsaltsa Nurhasanah Sumarto Nim : 1942002 Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi : Perbankan Syariah Judul : Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Muda Indonesia di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kotamobagu Bank Syariah Indonesia memberikan tawaran fasilitas untuk masyarakat muslim yang berkeinginan merencanakan ibadah haji sedari muda yaitu Produk Tabungan Haji Muda Indonesia. Memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan serta pengaruh lingkungan pemasaran dapat membantu bank dalam merancang strategi pemasaran yang dapat menarik perhatian pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Muda Indonesia di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kotamobagu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Adapun sumber data berasal dari tiga informan Pegawai Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kotamobagu. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Muda Indonesia di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kotamobagu menggunakan strategi segmentation, targeting, positioning, dan marketing mix/bauran pemasaran 4P: produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Produk tabungan haji muda ini, dipasarkan dengan strategi promosi telemarketing, cross selling, dan melakukan kerjasama dengan Kementerian Agama untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat muslim dan ke sekolah-sekolah Islam. Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kotamobagu dapat meningkatkan dan mengoptimalkan strategi promosinya dengan pendekatan yang lebih kreatif dan inovatif seperti memberikan pemahaman terkait literasi keuangan ke berbagai lapisan masyarakat dan lebih aktif dalam melakukan sosialisasi terutama dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk�produk tabungan dan sistem Perbankan Syariah. Kata Kunci: Kotamobagu, Pemasaran, Tabungan Haji Muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Perbankan
Ekonomi > Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:14
Last Modified: 21 Dec 2023 04:14
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item