Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Aqsha Molas

Sururama, Venisia (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Aqsha Molas. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Veni-Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Venisia Sururama NIM : 18.2.1.010 Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTIK IAIN Manado Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Aqsha Molas Skripsi ini merupakan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada mata pelajaran Matematika di kelas IV MI Al-Aqsha Molas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Al-Aqsha Molas yang berjumlah 14 orang, terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara berkesinambungan melalui dua siklus, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan setiap akhir pertemuan dilaksanakan post tes (test akhir siklus). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan test. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui capaian hasil belajar peserta didik digunakan lembar evaluasi (test) yang terdiri dari pre test dan post test. Hasil menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Al-Aqsha Molas dari nilai rata-rata pra tindakan yaitu 59,28 dengan persentase tuntas belajar yaitu 35,71% (sangat rendah) kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata yang diperoleh 69,28 dengan persentase tuntas belajar yaitu 57,14% (rendah) dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata yang diperoleh 81,43 persentase yang tuntas belajar yaitu 92,86% (Sangat baik). Sehingga pada siklus II, PTK dinyatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan tindakan yang ditetapkan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Make A Match, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:57
Last Modified: 13 Dec 2023 01:57
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item